• Aparatur Desa

    Aparatur desa merupakan sebagian kecil masyarakat yang lebih mempunyai keahlian untuk mengelola desa. Aparatur desa mendapatkan ilmu dan pengalaman lebih banyak untuk dapat mengembangkan desa. Keahlian yang didapatkan dibandingkan masyarakat pada umumnya menjadikan aparatur desa mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk membawa nama desa menjadi lebih dikenal masyarakat luas. Bentuk kinerja yang paling sederhana  yaitu dengan cara membuat kegiatan desa yang membangun nama baik desa. Segala bentuk kegiatannya harus diawali dengan melakukan pembuatan proposal kegiatan, pengaggaran kegiatan hingga pembuatan laporan pertanggungjawaban kegiatan dan keuangan. Beberapa tahapan untuk kegiatan tersebut merupakan bagian dari sebuah ketaatan aparatur desa terhadap administrasi desa. Ketataan administrasi desa berpengaruh besar untuk pengembangan pengelolaan desa kedepannya. 
    Program kerja ini dapat memberikan solusi pada aparatur Desa Pulau Mandangin berupa teknik pembuatan proposal, Manajemen keamanan dengan sistem siskamling, Penjelasan dan peninstalan aplikasi dan cara menggunakannya. Aplikasi ini dapat digunakan untuk memberikan pelayanan administrasi dalam surat menyurat terhadap kebutuhan masyarakat dan memudahkan aparat dalam administrasi kependudukan. Pemberian pengetahuan kepada aparatur Desa melalui pelaksanaan program kerja “ Pelatihan Aparatur Desa ” Pemahaman dalam pembuatan proposal yang cepat mendapatkan respon positif oleh instansi, cara mengamankan desa dengan manajemen siskamling, memudahkan aparatur Desa dalam memberikan pelayananan terhadap masyarakat dalam surat menyurat untuk efisien waktu dan terstruktur.
    Aparatur desa terdapat 3 sub, yaitu:
    1.     Pelatihan Proposal : menerangkan definisi proposal, pentingnya proposal, contoh proposal dan cara atau sistematika pembuatan proposal.
    2.     Manejemen Keamanan: menerangkankeamanan Desa, masalah yag muncul di Mandangin terutama yang melibatkan team ronda dan muda-mudi Mandangin dan solusi yang harus dikakukan. Pulau Mandangin menerapkan sistem ronda untuk megamankan dan menstabilkan pulau dan warga yang mempuyai penduduk sangat padat sehingga perlu adanya manajamen keamanan dengan siskmaling.
    3.     Pelatihan Teknologi & Informasi: menerangkan cara instalasi dan cara pemakaian aplikasi Sistem Informasi Surat Menyurat Desa Pulau Mandangin. Pelaksanaan program kerja ini mengarah pada pemecahan masalah surat menyurat yang masih menggunakan cara manual.

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar