• Kelompok Mandangin

    Desa Pulau Mandangin tidak seperti kebanyakan desa pada umumnya. Di desa ini terbagi menjadi 3 bagian yaitu dusun timur, dusun tengah, dan dusun  barat. Luas pulau ini sendiri adalah 1650 km² dalam wikipedia. Hal ini menunjukkan banyaknya penduduk yang menempati di Desa ini. Sekolah di desa ini tergolong lengkap yaitu  dari Taman Kanak-Kanak sampai Sekolah Menengah Kejuruan.

    Sekolah Menengah Pertama sampai Sekolah Menengah Kejuruan pastinya memiliki suatu organisasi yang didalamnya beranggotakan siswa-siswa sekolah tersebut dan organisasi itu biasa kita kenal sebagai OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah). Normalnya organisasi ini hanya mangadakan kegiatan yang berpusat pada sekolahnya sendiri. Terkadang mengadakan kegiatan di luar sekolah atau antar sekolah tapi hal itu bisa dibilang sebagai acara gabungan antar sekolah ataupun dengan instansi lain.

    Banyaknya sekolah yang ada membuat kami ingin membentuk sebuah organisasi yang terdiri dari SMP N 5 Sampang, MTS Miftahul Ulum, MTS Sirojul Mustofa, MTS At-Tohiriyah, dan SMK 3 Sampang kemudian membinanya selama kegiatan KKN berlangsung. Tentu pada tiap sekolah akan diminta pula satu pembina yang berasal dari guru sekolah tersebut dan kemudian dipilih satu ketua pembina untuk organisasi itu pula. Secara formal program ini dilakukan secara bertahap pada hari-hari yang ditentukan dan di hari lain dapat dilakukan secara personal dengan peserta KKN.

    Organisasi yang dibentuk oleh peserta KKN yaitu IkOMa (Ikatan OSIS Mandangin). Kemudian dilakukan pembinaan secara bertahap. Tahap pertama dilakukan pembentukan struktur anggota dan pemberian materi tentang organisasi, kewirausahaan, teknologi, dan pendidikan. Pemberian materi ini berlangsung selama beberapa hari di sekolah yang berbeda dan didalamnya diadakan pula diskusi kecil untuk menjalin ikatan antar anggota IkOMa. Tahap kedua diadakan diskusi antar anggota IkOMa dengan peserta KKN di basecamp KKN tentang program kerja dan lain sebagainya. 

     Pemberian materi 
    Tahap terakhir mengadakan kegiatan outbond dengan panitia seluruh peserta KKN beserta pengurus harian IkOMa yang bertujuan untuk memberi contoh kepada anggota IkOMa bagaimana mengadakan kegiatan, mengatasi konflik internal maupun eksternal. Tahap ini juga sebagai pengesahan terbentukknya anggota IkOMa.

    Kegiatan outbond dengan IkOMa



     Pengesahan pengurus harian IkOMa

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar