About

Senin, 30 Januari 2017

Pengolahan Sampah

Pulau Mandangin memiliki potensi alam yang bagus dan penduduk yang religius. Banyak yang bisa kita nikmati ketika kita berada di Pulau Mandangin seperti menikmati pesona di pantai candin, pasir putih, ada juga pepohonan nan lebat yang berada di barat pulau. Tapi meski begitu ada juga masalah yang dialami warga yakni banyaknya sampah yang ada di Pulau Mandangin. Memang setiap pagi ada petugas yang mengambil sampah warga dan dikumpulkan pada satu tempat yang bisa dibilang sebagai tempat pembuangan sampah. Hanya saja masih ada sampah lain yang harus bersihkan yaitu sampah yang berada di pesisir pantai. 

Menurut keterangan warga, sampah yang ada di pesisir pantai merupakan sampah kiriman dari daerah lain dan sampah ini bukan saja seperti sampah plastik  tapi ada juga sampah organik seperti kayu dan penduduk enggan untuk membersihkannya dikarenakan sampah yang terus datang hampir setiap hari. Karena itu lah peserta KKN di Trunojoyo Madura berinisiatif untuk membuat suatu program agar warga dapat berpikir ulang bahwa sampah apapun dan dimanapun dapat diolah menjadi sesuatu yang menarik dan memiliki nilai jual.

Program pengolahan sampah ini dilakukan selama 2 hari. Sasarannya sendiri adalah siswa Sekolah Dasar. Sasaran tersebut dipilih karena kami berpikir bahwa kita harus menanamkan landasan yang kuat pada pemikiran suatu individu dan individu yang cocok adalah anak-anak dan siswa Sekolah Dasar merupakan sasaran yang cocok untuk program ini. Pada hari pertama panitia memberikan pemahaman tentang pentingnya mengolah sampah dan siswa ditugaskan pula membuat sebuah kerajinan dari sampah disekitar dengan bimbingan panitia . Dan hari kedua adalah melanjutkan dan pengumpulan dari hasil kerajinan yang ditugaskan pada hari pertama.






0 komentar:

Posting Komentar