About

Jumat, 03 Februari 2017

Mandangin BSS (Bersih Sehat Semangat)



Kegiatan Mandangin BSS (Bersih, Sehat, Semangat) merupakan suatu kegiatan jalan sehat berserta bersih-bersih lingkungan.
Berdasarkan data dan fakta yang ada di Pulau Mandangin, ditemukan bahwa masih banyak penduduk setempat yang kurang peduli akan sampah. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kembali rasa kepedulian akan lingkungan bagi masyarakat Mandangin sejak dini khususnya siswa dan siswi SD-MI Se-Mandangin mengenai pola hidup bersih dan lingkungan yang masih belum terselesaikan di Pulau mereka.

Pada kegiatan ini kami mengajak teman-teman KKN Universitas Airlangga yang sedang melakukan pengabdian di Desa Mandangin untuk ikut serta menyukseskan acara ini.
 Kegiatan ini diawali dengan apel bersama aparatur desa dan siswa siswi SD-MI se-Mandangin, kemudian dilanjutkan dengan acara senam pingun yang dipandu langsung oleh teman-teman KKN dari Universitas Trunojoyo Madura dan Universitas Airlangga yang diikuti oleh siswa siswi SDN – MI se-Mandangin. Kemudian dilanjut keacara inti yakni jalan dengan rute yang telah kami tentukan, selama perjalanan peserta diharuskan memungut sampah dan memasukkan ke tas kresek yang telah kami bagi.



Kami juga menyiapkan hadiah bagi peserta atau sekolah yang berhasil mengumpulkan jumlah sampah terbanyak. Kami juga menyiapkan 50 doorprice yang akan dibagikan kepada peserta melalui undian kupon. Doorprice tersebut berisikan alat tulis, snack, sikat gigi, dll, dengan tujuan agar mereka lebih semangat belajar dan menjaga kesehatannya. Hadiah yang kami siapkan untuk sekolah yang mengumpulkan sampah terbanyak adalah alat-alat kebersihan seperti bak sampah, sapu, dll, dengan tujuan agar siswa siswi lebih peduli akan kebersihan khususnya di lingkungan sekolah mereka


Tak berhenti hanya dengan sadar diri akan pentingnya mejaga lingkungan sekitar dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Namun seperti yang kita ketahui bahwa di desa Pulau Mandangin ini, tidak ada TPA yang mampu membakar sampah secara keseluruhan. Jadi pihak kami
yang telah mendatangkan alat pembakar sampah untuk membakar sampah yang sudah tidak dapat di daur ulang atau sampah yang tidak dapat terurai. Sampah yang telah kami kumpulkan tersebut akan kami bawah ke BLH (Badan Lingkungan Hidup) kemudian dibawah langsung ke alat pembakaran sampah yang berada di Dusun Barat.



0 komentar:

Posting Komentar