• Pulau Mandangin– Surga Tersembunyi di Selatan Madura



     Gili Mandangin – Welcome Back, Pulau Mandangin...
    Siapa yang tahu Pulau Mandangin? Tak banyak yang mengetahuinya, tapi Para traveller Indonesia harusnya sudah tahu Pulau Mandangin. Jika tidak, silahkan Anda sempatkan berlibur ke Pulau Mandangin, Could I say this is a Hidden Paradise of Madura ?
    Ya Memang. 
    Pulau Mandangin, Pulau dengan sejuta pesona dan sejuta sensasi, pulau kaya potensi, namun kurang tereksplorasi. Potensi melimpah, namun sayang tak sedikit yang berakhir menjadi sampah. Pulau dengan panorama yang indah, namun sayang terkadang harus menjadi aset yang terbuang sia-sia.
    Jika kita mau menjelajah, tak salah jika kita harus menyempatkan diri untuk menyeberang sebentar ke selatan Kabupaten Sampang. Di sana terdapat sebuah pulau kecil berpanorama nan eksotis. Pulau Mandangin namanya.
    Perjalanan ke Mandangin akan penuh dengan sensasi, yaitu kita akan disuguhi sensasi ombak Laut Jawa yang mampu mengoyak perut. Namun perjalanan ke Mandangin dijamin akan membuat ketagihan karena perjalanan 1,5 jam ini akan menjadi tantangan tersendiri apalagi buat extreme traveller. 
    Tiba di Pulau Mandangin kita akan melihat aktivitas nelayan bersama perahunya yang berjajar di bibir pantai. Sambutan kambing-kabing yang berjalan bebas menjadi perbedaan tersendiri dari pulau-pulau lain.
    Pulau Mandangin dikelilingi oleh laut biru yang kaya akan hasil laut. Pendapatan hasil laut Mandangin mampu menghidupi rakyat Mandangin untuk kehidupan sehari-hari. Pulau Mandangin juga merupakan kota santri dengan beberapa pondok yang ada didalamnya. Setiap senja menyapa lantunan Al-Qur'an bersahutan dari suara mungil santri-santri Mandangin. Semangat melantunkan bacaan Al-Qur'an diiringi dengan kegugupan saat akan tes hafalan terlihat lucu dan juga membuat kagum bagi kami yang telah dewasa ini.
    Mandangin selain alamnya juga memiliki budaya lokal seperti batik Mandangin. batik mandangin memiliki motif yang identik dengan pulau Mandangin yaitu kambing. di Mandangin juga terdapat situs bersejarah seperti yang dimiliki daerah lain yang juga mempunyai situs sejarahnya masing-masing yaitu makam Bansacara dan Ragapatmi. 
    Jika ke Mandangin tentunya kita akan tahu buah bukol, buah merah mirip apel tapi ukurannya sebesar cheri. Buah ini ternyata kaya manfaat bisa dibuat obat. Daun buahnya bisa menjadi salah satu produk kecantikan jika digunakan sebagai lulur. Makanan dan jajanan di Mandangin cukup unik dan harganya cukup murah. Ada cakocak, gel agel, kar cakar, dan lain-lain. Penasaran? Let's go Mandangin !
    Kurang apa lagi? Banyak yang masih tersembunyi di paradise island ini. Explore sendiri dan rasakan sensasi berkunjung ke Mandangin. Mandangin menunggu kawan untuk kalian jamah. Have fun and enjoy your life in Hidden Paradise of Madura.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar