About

Sabtu, 22 Juli 2017

Pemanfaatan Tanaman Bidara Upaya Meningkatkan Nilai Tambah Tanaman Bidara



Bidara atau yang lebih dikenal dengan sebutan buah bukkol (Ziziphus Mauritania) merupakan buah yang bisa tumbuh di daerah kering seperti di Pulau Mandangin. Kondisi tanah kering berpasir seperti Mandangin menjadi habitat yang cocok untuk pertumbuhan buah bidara ini. Buah dengan bentuk mirip buah apel namun ukurannya lebih kecil ini memiliki rasa yang istimewa karena sulit untuk dideskripsikan. Rasanya sedikit manis, ada rasa sedikit asam sehingga berbeda dari buah lainnya.
Buah bidara memiliki banyak manfaat, buah yang langka ini memiliki khasiat baik pada buah bidara maupun di daun bidaranya. Buah bidara dapat dikonsumsi secara langsung jika telah masak. Selain itu, dapat juga digunakan menjadi olahan makanan seperti manisan, fruit leader, selai dll. Selain makanan bidara juga bisa di manfaatkan seperti dibuat sabun dan lulur daun bidara. Selain buah dan daunnya semua bagian bidara bisa di manfaatkan sebagai obat-obatan tradisional. Daun bidara juga dipercaya dapat menetralisir ilmu sihir dan gangguan jin yaitu dengan dengan cara meminum atau mandi dengan air perasan daun bidara.
Potensi bidara di Pulau Mandangin sangatlah besar tetapi pemanfaatan dari bidara masih kurang, buah bidara hanya di konsumsi buahnya saja sedangkan untuk bagian lainnya belum termanfaatkan secara maksimal. Tetapi baru-baru ini ada inovasi untuk pemanfaatan daun bidara yaitu sebagai lulur daun bidara, selain itu juga untuk meningkatkan nilai tambah produk maka buah bidara yang biasanya hanya dikonsumsi langsung diolah menjadi selai. Untuk memperkenalkan inovasi baru ini, maka diadakan sosialisasi pemanfaatan bidara dengan sasaran ibu-ibu TP.PKK Pulau Mandangin yang didampingi oleh mahasiswa KKN 93 Universitas Trunojoyo Madura. Kegiatan yang dilaksanakan di balai desa Pulau Mandangin diikuti dengan antusias oleh ibu-ibu TP.PKK karena mereka ingin sekali mengetahui mengenai inovasi baru pemanfaatan daun bidara. Pemanfaatan daun bidara ini digunakan sebagai lulur karena dalam daun bidara terdapat kandungan antioksidan serta beberapa kandungan kimia yang bisa di buat bahan kosmetik seperti Zizyphus spinachisti yang dapat menghaluskan kulit.

0 komentar:

Posting Komentar