• Penyuluhan dan Pelatihan Vertikultur, Bangkitkan Semangat siswa MTs Miftahul Ulum untuk Cinta Pertanian


          Teknik pertanian di era modern saat ini memiliki varian yang beragam salah satunya adalah vertikultur. Vertikultur merupakan teknik pertanian dengan menggunakan media tanah dan botol yang disusun secara vertikal. Teknik ini sangat efektif untuk daerah yang kurang subur dan minim lahan pertanian, karena teknik ini tidak memerlukan lahan yang luas. Teknik ini sangat cocok dilakukan di Mandangin, untuk itu pada tanggal 26 juli 2017 penyuluhan dan pelatihan teknik vertikultur dilakukan di Mts Miftahul Ulum yang berada di dusun Barat desa Pulau Mandangin. Sasaran dilakukan di MTs karena untuk memperkanalkan teknik baru yang belum pernah ada di Mandangin dan ada harapan besar agar siswa MTs merealisasikan untuk menciptakan pertanian di Mandangin karena Mandangin selama ini tidak ada pertanian. Pelaksanaan Penyuluhan berjalan dengan lancar dengan antusias para siswa Mts yang bergitu bersemangat dengan adanya pelatihan tersebut.

         Teknik vertikultur dilakukan bertujuan untuk memanfaatkan lahan sempit atau bahkan tidak ada lahan yang tersisa untuk budidaya tanaman serta adanya gangguan hewan peliharaan yang dapat merusak tanaman sehingga dilakukan budidaya tanaman secara vertikultur.

         Dengan adanya teknik vertikultur ini akan mendukung pertanian organik, memudahkan pemeliharaan tanaman,dan mengubah mindset masyarakat sekalipun kondisi lingkungan yang kurang mendukung proses pembudidayaan masih bisa dilakukan. Selain itu, adanya pelatihan ini diharapkan semua siswa akan sadar akan lingkungan dengan memanfaatkan sampah bekas sebagai bahan yang memilki nilai ekonomi dan estetika yang baik.


  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar