About

Minggu, 28 Januari 2018

Jajanan Tradisional Mandangin


           Nah untuk yang kali ini kita akan membahas tentang kuliner yang ada di Mandangin. Banyak jajanan khas yang ada di Pulau Mandangin. Yuk kita intip salah tiganya bagian dari makanan tradisional berikut ini 😀😃. Warnanya yang menarik yaitu merah muda dan bentuknya yang mempunyai seperti cakar membuat makanan ini disebut dengan kar-cakar. Jajanan ini terbuat dari ubi yang dipotong memanjang seperti stik pada umumnya. Kemudian dibalut dengan tepung terigu yag telah diberi warna merah muda dan diberi gula. Pemilihan bentuk pemotongan kar-cakar ternnyata mempengaruhi rasa  dari makanan ini, sehingga terasa lebih lezat dan berbeda dengan ubi gorenng pada umumnya. Harganyapun sangat terjangkau dan sesuai dan cocok untuk dinikmati saat bersantai. 

     
          Oke untuk yang selanjutnya yaitu bikkoh 😋😎. Siapa sih yang gak tau dengan makanan tradisional ini 😀, di Jawa makanan ini disebut dengan wajik ketan yang bahan utamanya adalah ketan dan gula pasir. Untuk bikkoh sendiri merupakan salah satu makanan khas mandangin yang terbuat dari ketan. Dimana pengolahan bikoh yaitu dengan dikukus lalu dicampur dengan gula yang sudah dicairkan. Bikoh ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi penikmat rasa manis. Bikoh ada berbagai macam variasi warna, dari warna cokelat, putih, ungu dan pink. Bikoh akan lebih nikmat jika dicampur dengan parutan kelapa.


         Untuk yang terakhir tapi bukan perpisahan looh yaa 😀😂, sebenarnya banyak makanan yang ada di Mandangin namun yang dibahas kali ini hanya tiga. Dan ini resep makanan tradisonal yang terakhir 😎 yaitu rok korok. Dalam bahasa Jawa rok korok sama halnya dengan tiwul yaitu makanan yang bahan utamanya adalah tepung ketela. Sebagai makanan pokok, kandungan kalorinya lebih rendah daripada beras namun cukup memenuhi sebagai bahan makanan pengganti beras. Tiwul dipercaya mencegah penyakit maag, perut keroncongan, dan lain sebagainya. Rok korok pernah digunakan untuk makanan pokok sebagian penduduk Indonesia pada masapenjajahan Jepanng dan sekarang tiwul dibuat jadi tiwul instan 😊

0 komentar:

Posting Komentar