About

Minggu, 28 Januari 2018

Mandangin Kaya Hasil Laut



Mandangi Kaya Hasil Laut



Seperti yang diketahui Mandangin adalah sebuah pulau yang ada di Sampang, meski terlihat kecil penduduk Mandangin sangat lah padat. Seperti  yang dikenal, mata pencarian penduduk Mandangin mayoritas adalah seorang nelayan. Pulau Mandangin yang kaya akan potensi hasil lautnya yang melimpah ini menjadikan penduduk Pulau Mandangin sering makan nasi dengan ikan laut dan jarang sekali dijumpai sayuran (kasian yang vegetarian, heheheJ). Hasil laut pulau Mandangin salah satunya adalah cumi-cumi, rajungan, ikan (banyak jenisnya dan kami kesulitan membacakan satu persatu namanya xixixixiJ). Beruntung kami mendapatkan tempat di Mandangin, meski paling jauh tetapi kalau sering makan ikan laut plus gratis mah suka aja ahihihiJ. Yuhuu.. kembali ke topik kuy.

Jika seorang pria rata-rata menjadi nelayan, maka pasangannya (ibu-ibunya hihihiJ) banyak yang berusaha dagang dirumahnya. Oleh karena itu, KKN 65 menyusun sebuah program kerja “Pelatihan Sistem Pemasaran”. Program ini bertujuan untuk mengajak mereka yang memiliki usaha sendiri untuk lebih meningkatan pemasarannya. Misalnya, produk dari pulau Mandangin yang memanfaatkan hasil lautnya, ada sekelompok warga yang memiliki usaha pembuatan krupuk cumi, selain itu juga ada krupuk ikan, petis rajungan, nugget cumi dan lain-lainnya yang notabenenya khas dari Mandangin. Hal ini sangat disayangkan bila usaha seperti ini tidak memiliki label.
Pelatihan sistem pemasaran ini  mengundang salah satu dosen dari TIP yang akan memberi materi dan peatihan dalam hal label dan pemasaran. Dalam pelatihan ini melibatkan kelompok PKK Mandangin yang nantinya akan disampaikan kepada warga yang memiliki usaha agar lebih memperhatikan sistem pemasaran sehingga produk yang dihasilkan mampu bersaing dengan produk lainnya. Selain hasil pangannya yang berasal dari laut, Pulau Mandangin juga kaya akan makanan khas tradisionalnya seperti bikoh, gil-agil, cak-kocak, kar-cakar dan masih banyak lainnya.(Zee)

0 komentar:

Posting Komentar